Oleh: bumiridho | Juli 28, 2007

Sekilas kaderisasi

Nih, beneran saya ngarang, mudah-mudahan bermanfaat

Sekilas tentang kaderisasi

 

Kampus sebagai tempat hilir mudiknya ilmu dan wahana berkembangnya kebebasan intelektual dengan didasari kebenaran ilmiah, merupakan tempat yang subur bagi tumbuhnya kesadaran kritis manusia yang ada didalamnya atau dalam hal ini mari kita sempitkan manusia tersebut sebagai mahasiswa.

Kesadaran kritis mahasiswa berkembang meluas tidak hanya berada pada tataran ilmu pengetahuan teknologi dan seni saja, tetapi meliputi kesadaran untuk mengembangkan diri dan kesadaran untuk bermanfaat bagi masyarakat bangsa bahkan dunia.

Dengan adanya kesadaran kritis tersebut maka mahasiswa menginisiasi adanya suatu sistem dengan harapan dapat mensistematisasi dan mengefektifkan usaha mahasiswa dalam mengembangkan kualitas dirinya, basis keilmuwannya dan bermanfaat bagi masyarakat.

Sistem tersebut saat ini kita kenal dengan kemahasiswaan, sistem  yang telah menorehkan sejarahnya tersendiri dalam perjalanan bangsa ini, dan hal yang tidak bisa kita pungkiri dari kemahasiswaan ini adalah manfaat holistik yang diberikan oleh kemahasiswaan tersebut  mulai dari tataran politik dengan perjuangan untuk membela hak-hak masyarakat yang berimplikasi terhadap turunnya rezim pemerintahan, tataran pendidikan dan pengembangan teknologi dengan adanya para mahasiswa yang mengusahakan program adik asuh, penerapan teknologi tepat guna kepada masyarakat dan tataran lainnya termasuk bagaimana kemahasiswaan telah menjadi sarana pembelajaran yang ampuh bagi mahasiswa itu sendiri.

Dengan adanya berbagai manfaat diatas maka jelas sistem ini sejatinya memiliki keberlanjutan yang  progresif untuk menjaga kemanfaatan tersebut sehingga memunculkan kebutuhan akan adanya proses  regenerasi dan transfer nilai kepada generasi selanjutnya. Proses regenerasi dan transfer nilai ini biasa kita sebut dengan kaderisasi.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: