Oleh: bumiridho | Juli 25, 2008

Bikin jamur Abalon

Membuat Bibit Jamur Abalon

Ini mimpi saya pasa awal tingkat tiga, bisnis jamur, tapi gak tau caranya, eh pas KP di perpusnya nemu majalah Trubus, buat sharing aja, ini cara bikin jamur ala Bandung.

Pertama kita bakal bikin media untuk pembibitan awalnya dulu

siapkan bahan-bahan yang diperlukan sebagai berikut:

¼ umbi kentang

¼ bawang bombai

¼ aci aren

3 bungkus kecil agar-agar

1 sendok makan gips

5 gelas air

Setelah bahan sudah siap kemudian :

Parut umbi kentang dan bawang bombai

Setelah di parut diperas, ambil cairannya

Kemudian masukkan cairan tersebut ke wadah yang besarnya kira-kira 2-5 Liter

Tambahkan 5 gelas air, ¼ kg aci aren dan satu sendok makan gips

Kemudian di aduk

Setelah media siap kemudian tutup dengan plastik dan pastikan proses pembuatannya dilangsungkan di ruangan yang steril, minimal mah tertutup, suhunya suhu ruangan aja jadi gampang khan penjagaannya.

Sterilisasi

Setelah itu media dibuka terus dikukus (pake dandang buat bikin nasi ajah) selama 8 jam pada suhu 100oC (ini suhu air mendidih) kemudian didinginkan sehari semalam, setelah itu dikukus lagi selama 2 jam pada suhu 100oC

Inokulasi

Ambil secarik kulit luar jamur yang pertumbuhannya belum maksimal kira-kira ½ x 1 cm (jamurnya cari sendiri aja, kalo ada yang tau lokasinya dimana hubungi saya ya!), biar steril, kulit tersebut sebelum dimasukkan ke dalam media dapat dioles alkohol terlebih dahulu.

Setelah itu kulit dimasukkan dan wadah ditutup rapat, disimpan di tempat bersuhu 20-25oC (kota Bandung banget lah), setelah 7 hari maka akan banyak warna putih disekitar media (berarti bibitnya tumbuh) kemudian setelah itu, bibit jamur telah siap untuk penanaman F1.

Penanaman F1

Untuk penanaman F1 gunakan media yang sama dengan wadah bisa kantong plastik atau wadah-wadah lainnya. Untuk setiap kantong plastik berisi media biakan seberat 1 kg cukup diberi bibit murni jamur sebesar butiran beras, kemudian disimpan selama 50 hari

Panen

Setelah penanaman F1 bibit jamur dipindahkan ke kantong masing-masing selama 2 bulan, setelah 2 bulan jamur siap panen.

Dari 1 kantong media murni akan menghasilkan 200 kantong F1 dari tiap kantong F1 akan menghasilkan 160 kantong Jamur (wah banyak euy!)

Tertarik?

Segera hubungi saya (saya mau ikutan tapi gak ada modal ama gak ada temen 🙂)

Muhammad Ridho F.W.

http:// Bumiridho.wordpress.com

awasridhodatang@yahoo.com / bumiridho@gmail.com

+6285720079380

Iklan

Responses

  1. Dho mantep dho,
    peluang 🙂

    Hmm… F1 itu apa Dho?

    Perkiraan modal, laba-ruginya gmana?
    Garis besar operasionalnya gmana?
    Target pasar kira2 gmana?

    Khusus yang itung2an uang, kasih perhitungannya di sini dong, jadi yang datang gk perlu repot2 tanya private ke antum untuk sekedar tahu potensinya 🙂

    * setidaknya link ke dokumen perhitungannya

    ** jadi yang nanya2 ke antum bener2 selected partner prospect, dan antum gk keabisan waktu untuk jawab2 pertanyaan secara pribadi

  2. Call me @ my mail

    [gk ditulis di sini biar gk dispam :-)]

  3. F1 itu tanaman turunan pertama

  4. Tertarik dengan jamur? Udah maen-maen ke Cisarua, Lembang belum? Nah kalo di sekitar Bandung kan pusatnya disana… jamur tiram sih… bukan jamur abalon.. Medianya jamur tiram mah lebih gampang, cuma butuh serbuk gegaji, dll…

    Anyway… pas baca di wikipedia mah jamur abalon teh kok beda dengan jamur tiram yah…
    Plurotus ostreatus–> Jamur tiram
    Pleurotus eryngii–> Jamur abalon (tumbuh di stepa atau padang rumput, beda jauh dengan kondisinya dengan Bandung… Hehehe…)

    Ok let’s fun with fungi

  5. @ Nadia, di majalah yang saya baca, jamur abalon ini dikembangin ama salah satu petani di daerah cisarua Lembang. Tpai biar lebih pasti nanti saya cek kesana.
    Makasih nadia

  6. @Hapo, untuk analisis biayanya, nanti dulu ya Po, saya mau coba bikin pilotnya dulu, kayanya baru nyoba nanti akhir Agustus sebelum shaum ramadhan

  7. kalau udah jadi bos pabrik jamur jangan lupa kita yang di Leces ya..

  8. Boleh tuch…prospeknya gmn..??

  9. q mau tanya aciaren ituapa bls cepat makasihya ilmunya

  10. yang saya tahu dan praktekkan, khusus jamur tiram dan abalon jamur ini dapat tumbuh di suhu dan kelembaban yang seperti di daerah cisarua dan lembang. (ini untuk pertumbuhannya sampai dipanen)

    namun kendalanya adalah, adanya proses inkubasi pertumbuhan miselium jamur yang memrlukan waktu 1 bulan (untuk jamur tiram) , dan 2 bulan (untuk abalon) membutuhkan suhu yang lebih hangat, 28 derajat celsius. kalau di bawah itu, pertumbuhan miselium jamur lambat. hal ini sering terjadi jika saat musim hujan. apalagi dilembang. suhu pasti akan turun.

    kendala kedua, bahan baku. memang sih lembang adalah surga jamur tiram di Indonesia. Tapi,bahan bakunya harus serbuk kayu gergajian yang lunak (misalnya dari kayu albasia), itu tempatnya di subang (kebanyakan petani ambil di situ) atau sumedang. jadi harus ada perhitungan khusus buat angkutan.

    Kendala ketiga, perebutan bahan baku. monopoli sering terjadi. para petani yang sudah mapan (sudah sampai bikin CV atau PT) suka memborong serbuk kayu besar2an. ada yang sampai 7 truk perhari (CV DIO MUSHROOM 7 CV CITI MANDIRI)

    SARAN:
    1. sebelum berencana buat usaha di bidang ini, perlu menetukan waktu yang tepat. misal: karena mielium jamur tumbuh optimal pada suhu 28-30 derajat, maka bikin log jamurnya pada musim kemarau (optimalkan itu). sehingga pada musim hujan tinggal dipanen, ingat (jamur tiram dan abalon tumbuh baik pada suhu yang sejuk)

    2. supaya mudah dapat bahan baku, idealnya dalam usaha ini ada tempat yang terpisah antara tempat pembuatan log jamur dengan tempat pemanenan jamur. tempat pembuatan log di bangun di daerah yang dekat dengan sumber bahan baku (mialnya di subang/sumedang). tempat pemanenan di lakukan ditempat yang memang cocok buat pertumbuhan jamur yang dimaksud.

    3. Sebenarnya ada bisnis yang lain terkait dengan jamur Tiram. Kita juga bisa jualan log jamurnya, karena ada hal yang patut dimaklumi ada petani yang malas membibitkan jamur, sehingga tinggal beli lognya aja biar langsung panen. ini juga bisa dimanfaatkan.

    4. Jikalau memang banyak kendala dalam pertanian (karena usaha ini berinteraksi dengan makhluk hidup loh…)misalnya banyak hama.kita juga bisa beralih ke usaha jamur olahan. seperti keripik jamur dsb.

    5. yang namanya usaha agrobisnis pasti ada limbahnya, nah, log yang sudah tidak produktif jika ditumpuk terus menerus akan membuat masalah limbah. pembuatan pupuk kompos juga perlu diperhatikan supaya bisa menambah penghasilan

    Selamat berbisnis.

  11. Sterilisasi

    Setelah itu media dibuka terus dikukus (pake dandang buat bikin nasi ajah) selama 8 jam pada suhu 100oC (ini suhu air mendidih) kemudian didinginkan sehari semalam, setelah itu dikukus lagi selama 2 jam pada suhu 100oC

    ada beberapa yang mesti dikoreksi, afwan jiddan hehehehe

    Mendingan beli pressure cooker aja, jadi gak perlu lama-lama manasin medianya, apalagi disuhu 100 derajat, dalam wkt lama bisa merusak media dan nutrisi yang ada di dalamnya. pressure cooker sudah mafhum kita ketahui prinsipnya adalah menaikkan suhu dan tekanan. dalam kondisi seperti ini mikroba2 yang tidak kita inginkan waktunya? cukup 1 jam saja.

    nah pas buat media untuk F1, dan buat log, baru.. buatlah sistem seperti dandang ukuran raksasa dari drum aspal juga bisa nah itu yang butuh waktu sampai 12 jam.

    oh iya masalah bahan bakar bagaimana? bahan bakar kan mahal bgt tuh. kalau pake minyak, jelas gak disubsidi sekarang sampai belasan ribu rupiah perliter (buat 12 jam butuh 20 liter kalau gak salah. dulu saya pernah coba). kalau pake gas, kita gak tau daya panasnya cukup gak, setahu saya kompor gas tidak bagus buat berlama-lama memasak sampai 12 jam non stop.karena saya kurang tahu secara fisika, yang jelas, kalau lama, dan nonstop, tabung gas jadi sedingin es dan pada saat itu tekanannya turun, sehingga kita gak tau tabung gas yang dingin itu masih ada gasnya atau nggak. batu bara jadi alternatif, harga masih murah dan energi panasnya sangat besar.

    yang saya coba, dalam waktu 12 jam menghabiskan 25 kg batubara. hrga perkgnya 1250 rupiah

    • Kang Milhan, terima kasih atas masukkannya ata tulisan ini.

      Ada nomor yang bisa di kontak gak?

  12. saya tertarik sama info ini…
    ngomong2 bisa kerja sama gak?

    ak4gi@yahoo.com
    08170133977


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: