Oleh: bumiridho | Mei 2, 2011

Berani, harap dan sabar

Courage is what it takes to stand up and speak; courage is also what it takes to sit down and listen.
-Winston Churchill-

“Kalian pemuda, kalau kalian tidak punya keberanian, sama saja dengan ternak karena fungsi hidupnya hanya beternak diri”
-Pramoedya Ananta Toer-

Note ini untuk menyemangati diri saya yang sedang mengumpulkan keberanian, terkadang ketika kita menghadapi masalah, yang muncul adalah rasa takut, apalagi hubungannya dengan orang lain, ketika kita berbuat suatu kesalahan maka keberanian kita menghadapinya baik masalah maupun menghadapi orang yang kita berbuat salah pun berkurang.

Sejatinya ketika kita bertauhid, seharusnya kita tidak takut tapi pada kenyataannya sulit untuk menghilangkan rasa takut dan khawatir…

Kemudian saya berpikir ketika kita memang gak mampu mengumpulkan keberanian, maka yang tinggal kita bisa andalkan yaitu harapan, kita berharap kedepannya gak seperti yang kita gak inginkan tapi ketika harapan gak sesuai dengan kenyataan ya yang kita punya tinggal bersabar.

Diriwayatkan dari Abu Sa’id Al Khudri ra. : beberapa orang Anshar meminta (sesuatu) kepada Rasulullah Saw dan diberi. Kemudian mereka meminta lagi (sesuatu) dan kembali diberi. Kemudian kembali mereka meminta (sesuatu) dari Rasulullah Saw hingga semua semua yang dimiliki Rasulullah Saw habis. Rasulullah Saw bersabda, “apabila aku memiliki sesuatu, aku tidak akan menyembunyikannya darimu. (ingatlah) siapa pun yang tidak meminta (mengemis) kepada orang lain, Allah akan memenuhinya, dan siapa pun yang berusaha membuat dirinya merasa cukup, maka Allah akan membuat dirinya merasa cukup. Dan siapa pun yang berupaya bersabar, maka Allah akan membuatnya sabar. Tidak ada anugerah yang lebih baik dan lebih besar yang diberikan kepada seseorang selain kesabaran”. -HR Bukhari-

Saya kutip penggalan terakhir “Tidak ada anugerah yang lebih baik dan lebih besar yang diberikan kepada seseorang selain kesabaran”.

Ya alhamdulillah setelah menulis, browsing bahan, ketemu hadits, maka saya sedikit tenang.

Kita hadapin masalah ama keberanian, harapan dan kesabaran.

Ya Allah mudahkanlah semua urusan dan tetap kasih pembelajaran buat saya di tiap urusan itu…

Belakangan saya sering enggak fokus, tulisan berikutnya tentang fokus lah ya…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: