Oleh: bumiridho | Januari 23, 2012

Hmm … Middle Class Indonesia & Financial Planning

Ok, pada kesempatan kali ini saya bukan mau nulis mengenai bagaimana middle class dan financial planning,  tapi lebih kepada ternyata financial planning itu menarik dan penting juga buat kita saat ini dan pengetahuan saya mengenai hal ini juga masih terbatas tapi cukup menarik juga.

Pas baca bukunya Ligwina Hananto berjudul “indonesia kuat” yang punya misi mewujudkan kelas menengah Indonesia yang kuat yang tahan banting dan mampu menghadapi berbagai inflasi, saya mulai ngeh bahwa saya termasuk bagian dari kelas menengah bangsa ini, kelas yang saat ini menggerakan perekonomian Indonesia, dan di bukunya Ibu Ligwina mengutarakan kalau jumlah kelas menengah di Indonesia itu sama dengan jumlah penduduk malaysia, jadi kalau kelas menengahnya kuat maka Indonesia bakal kuat juga.

Dari sebuah situs http://strategimanajemen.net ada tulisan mengenai “The Rise of Indonesian Middle Class”  authornya bilang  “Tahun 2012 diprediksi jumlah kelas menengah di Indonesia akan berjumlah 100 juta orang, naik dua kali lipat dibanding sepuluh tahun silam”. Hal ini ditandai dengan semakin banyak orang ber BB, ber Tablet dan ber Mobil serta ber motor.

Yang menjadi sorotan dalam kelas menengah Indonesia ini gelombang baru ini adalah kemampuannya untuk mengelola keuangannya, karena semakin banyak duitnya gaya hidup makin berubah, beruntung saya hidup di kabupaten purwakarta yang gaya hidupnya masih sederhana lah Mall gak seheboh Bandung apalagi jakarta.

Ibu Ligwina ngasih contoh kalau banyak kelas menengah Indonesia yang tiap per kuarter (4 bulan) memperbarui gadgetnya (Ipad, BB, iphone dll) tiap minggu ke Bioskop or tiap hari ke mall dan tiap per 6 bulan rekreasi tapi pas mau nyekolahin anaknya ke Playgroup malah kekurangan duit atau sudha 10 tahun bekerja tapi masih belum memiliki rumah/apartemen pribadi, dan yang bisa saya ambil itu lebih kepada bagaimana kita bisa memanfaatkan utilitas keuangan dengan Baik dan memiliki financial plan yang baik.

  • Tabungan : Utilitas terpenting dimana kita punya komitmen menyisihkan 10 % dari gaji buat nabung
  • Asuransi : Bagaimana kita bisa memanajemen Resiko dengan baik dengan berbagai produk asuransi
  • Kartu Kredit:  Mengerti Fungsi dan kegunaannya
  • Investasi: banyak macamnya tapi kita harus bisa mulai berinvestasi dengan baik menurut saya setelah 10 tahun bekerja harus mulai investasi dengan berbagai macam bentuknya.

Selain itu buat teman-teman aktivis islam yg maunya syariah, sekarang sudah banyak instrumen keuangan syariah dari leasing sampai reksadana syariah juga ada.

Selain itu poin penting yang di dapat dari buku itu, mengenai “kalau kita kuat kita bisa saling membantu”, ada komitmen juga buat kita untuk menyisihkan sebagian 2.5% dari penghasilan kita untuk zakat bwt yang muslim atau berbagi buat sesama dan ini penting, istilahnya investasi akhirat bwt rumah kita di surga.

Poin lainnya kelas menengah itu gak perlu korupsi? becoming a profesional itu luar biasa gak perlu tilep sana-sini walaupun realitanya dunia kerja masih seperti itu, tapi kita harus menjadi generasi yang kuat untuk tidak menghidupi keluarga kita dengan uang yang gak bener.

Selain itu yang menarik “Jangan takut buat liburan” so pasti ya, secara saya pengen bisa foto bareng pasangan dengan latar Kabah, menara eiffel dan Raja Ampat :), dimana liburan masuk dalam rencana keuangan kita.

Mengutip dari situs yg saya nukil “The Rise of Indonesian Middle Class. The Big Wave of Prosperity. Inilah kesempatan yang mungkin harus segera kita raih. Take inspiring actions NOW, and let’s ride the wave of prosperity.”

Let’s ride to prosperity hehe, saatnya generasi kita jadi generasi kelas menengah indonesia yang cerdas, kritis dan mampu berbagi dengan sesama.

-Antapani 23 jan 12-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: