Oleh: bumiridho | Desember 16, 2012

Roda itu bernama otomotip

Image

Otomotip ya otomotip… di Indonesia industri automotive menjadi semacam locomotive yang begitu besar mempengaruhi  gerak industri di Indonesia khususnya di daerah sentra industri jababeka hingga karawang dan purwakarta dimana hampir satu juta orang secara formal yang terserap oleh industri ini dan belum dengan ratusan ribu bengkel non formal yang menyebar di seluruh industri, betapa besar pengaruh dari industri ini di Indonesia.

Pak MS Hidayat dalam situs kemenperin mengatakan gak tanggung-tanggung target penjualan mobil mencapai 1 juta unit per tahun, kebetulan saya berinteraksi cukup sering dengan pabrikan nissan, yamaha dan tahun depan honda. Untuk Nissan, Honda, ADM dan Toyota semuanya melakukan penambahan line produksi besar-besaran. Sebagai contoh perbesaran industri Nissan di purwakarta mendorong munculnya 4 pabrik supplier (onderdil) mereka di purwakarta dan itu akan menyerap lowongan kerja yang cukup banyak.

Mobil Nasional

Dengan meluncurnya program mobil murah dari pabrikan asing dan masuknya pabrikan baru yang mengusung konsep mobil murah, maka bagaimana peluang dari mobil nasional bisa muncul?. Mobil dikatakan mobil produksi nasional menurut saya jika minimal onderdilnya 50% buatan dalam negeri, pada kenyataannya boleh dibilang mobil nasional kita masih lebih tepat dibilang mobil rakitan nasional dimana faktor yang tidak bisa dilupakan dari mobil adalah onderdil dan after sales service.

Sebelum mobil nasional di produksi sebelumnya diperlukan koordinasi dengan industri sparepart agar kelaikan dan harga dari onderdil masih dapat bersaing dengan produk asing yang masuk, selain itu agak berat juga jika satu pabrik onderdil misalnya tangki bensin mau memproduksi tangki bensin khusus jika skalanya masih kecil. 

Ada cerita juga soal mobil proton, katanya di malaysianya sendiri onderdilnya sulit dicari. Ya untuk tahapan mobil nasional sebaiknya mobilnya dikatakan secara jujur mengadopsi sebagian besar dari pabrikan mana sehingga dari sisi customer mudah mencari dan supply chain pendukungnya lebih mudah.

Sekian tulisannya mdh2an ada manfaatnya

Bdg, 16 Dec 2012

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: