Oleh: bumiridho | Desember 23, 2012

5 cm dan hal yang tertunda

Image

“Yang diperlukan sekarang cuma kaki yang berjalan lebih jauh dari biasanya, 

mata yang menatap lebih lama dari biasanya, 

leher yang akan lebih sering melihat keatas,

lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja

hati yang bekerja lebih keras dari biasanya, serta mulut yang akan selalu berdoa – 5cm”

 

Malam ini nonton juga 5 cm versi film bareng kedua adik saya, adik yang ketiga dibawa juga walaupun masih kelas 6, soalnya gak tega kalau ditinggal dirumah.

Yap impresi dari film ini cukup bagus mewakili novelnya dan dengan cinematografi yang bagus, momen yang kita sebut membuat merinding itu muncul juga ketika nonton film ini.

Menonton film ini rasanya merefresh apa yang saya impikan di awal 2012 dan masih belum tercapai di akhir tahun ini dan alhamdulillahnya ada inspirasi untuk mengawali 2013, melihat dan membaca kata-kata berbaukan mimpi membuat kita sejenak membantu kita merefresh bahwa masih ada hal besar dan misterius di masa depan.

Bagi seorang kita secara manusiawi pinginnya ada hal yang bisa kita capai semisal melampaui pencapaian fisik kita dan salah satunya dengan pendakian, Soe Hok Gie dalam puisinya “Mandalawangi Pangrango”, saya petik sebagai berikut

hidup adalah soal keberanian, menghadapi yang tanda tanya

tanpa kita mengerti, tanpa kita bisa menawar 

terimalah dan hadapilah

dan antara ransel2 kosong dan api unggun yang membara
aku terima ini semua
melampaui batas2 hutanmu, melampaui batas2 jurangmu

aku cinta padamu Pangrango
karena aku cinta pada keberanian hidup

 

bagi sebagian orang pendakian dan menjelajah alam adalah tempat dimana kita bisa dekat dengan sang pencipta, tempat untuk menemukan jawaban atas kebisingan dan kegaduhan perkotaan, bukankah Nabi Muhammad SAW mendapat wahyu pertama pun di Gua Hiro yang berlokasi di Jabal Nur, atau bagaimana Nabi Musa AS menerima wahyu di jabal thursina dan Nabi Isa AS menerima wahyu pun di bukit bernama jabal zaitun. Sehingga gunung dan alam memang dapat menjadi tempat bagi kita untuk merenung dan kembali kepada-Nya.

Salah satu hal yang tertunda di 2012 ini adalah belum jadinya untuk menjejak kaki di mandalawangi pangrango dan puncak tertinggi pulau jawa, mudah-mudahan bisa kesampaian untuk melakukan 2 hal ini di 2013 tentunya inginnya bersama sahabat sahabat.

Jadi ingat dulu di perkemahan cikole ketika sepintas ngobrol dengan thomas soal orang tua, melelehlah air mata ini hehe, alam memang punya efek yang berbeda.

Selain mendaki masih banyak hal yang tertunda baik yang bersifat kewajiban dan mimpi, mudah-mudahan Allah mempermudah kita semua menjalani semuanya.

Bandung, 231212

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: