Oleh: bumiridho | Mei 4, 2013

Papandayan “Garut Highland” 20-21 April 2013

Pada tanggal 20-21 april kemarin untuk pertama kalinya saya ke Gunung Papandayan, yang berlokasi di Kota Garut, dari pusat kota garut kalau sampai camp david tempat perkemahannya waktu tempuhnya ada sekitar 2 jam. Kesimpulannya, papandayan ini indah banget dan rutenya juga bagus, semua kondisi pendakian dapet mulai dari batu-batuan, kawah, sungai, hutan, jalur daki dan padang edelweis

Pada post berikut saya mau sharing aja rute perjalanan yang ditempuh pas kemarin naik bareng Apri, Ikhwan, Irfan, Monte dan Ike.

Jadi kita perjalanan di mulai dengan berkumpul di terminal cicaheum hari sabtu pagi jam 08:00, dan ternyata pas sampai di terminal cicaheum rencana awalnya kita mau naik elf yang langsung ke cikajang ternyata gak ada, dan kita nunggu bus yang dari Garut juga tidak ada, dan setelah di tunggu 30 menit gak ada juga angkutan dari Garut, kabarnya kena kemacetan di daerah Kahatex rancaekek, akhirnya dari terminal cicaheum kita naik angkot menuju terminal cileunyi nah dari terminal cileunyi kita jalan sampai perempatan tol dimana saat itu macetnya minta ampun di perempatan ini kita ketemu sama Apri yang dari jakarta, akhirnya kita naik bus jurusan lebak bulus-garut dan kita menghabiskan hampir 4 jam bermacet ria di Rancaekek.

Kita sampai di terminal guntur garut sekitar jam 16:30, saran utk teman-teman ada masjid depan terminal guntur masuk ke gang mending di mesjid aja daripada di mushola toilet umum, kita shalat ashar makan dan ketemu dengan Ike yang berangkat duluan dari Bandung dan Mba Ike ini satu-satunya yang pernah ke papandayan hehe.

Dari terminal guntur kita carter angkot bareng sama pendaki lain, harganya cukup mahal buat 10 orang sekitar 130 ribu sampai cisurupan, nah kita sampai di cisurupan pas maghrib ada masjid di terminal cisurupan pas sebelum naiknya.

Dari Terminal Cisurupan ini hanya ada mobil bak terbuka yang nganterin ke atas, pastinya bakal kesel dengan semena-mena masuk masukkin orang padahal kita sudah booking. saran saya pintar2 aja lobi harganya harusnya bisa kisaran 10ribu perorang sekali naik keatas. Perjalan naik kol bak ini sekitar 1 jam sampai Camp David, jalanna butut, kita tim sampai di camp david sekitar jam 9 malam, urus perizinan dan kita buka tenda, rencana awalnya mau mulai jalan tapi gak boleh sama pengurus karena bahaya gas.

Minggu pagi jam 05:30an kita mulai naik dari camp david menuju kawah, ya namanya gunung pasti indah lah ya hehe.

Daerah pendakian sekitar Kawah papandayan, nah dari kawah kita ambil jalur pendakian paling panjang (standar) dari kawah ke pondok seladah kemudian hutan mati kemudian tanjakan mamang kemudian tegal alun nah dari tegal alun kita lanjut ke puncak.

Dari puncak kawah kita belok kiri ada turunan lewatin sungai dan sampai ke semacam patahan gunung sampai ke perbatasan antara Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut. Disini pemandangannya bagus-bagus.

Di track ini suka ada motor atau sepeda trail lewat.

Kata Apri ini namanya danau cinta heu heu.

Patahan papandayan yang keren

Jalur menuju perbatasan Pangalengan-Cisurupan

Jalur menuju pondok seladah, rutenya cukup asik.

Ini kayaknya harus di post ke dua post berbeda, potonya kegedean hehe.

Intinya kita istirahat di pondok seladah da, pondok seladah ini pos kemping kedua setelah camp david.